Aqiqah Madinah – Memasak daging kambing bisa menjadi tantangan tersendiri, terutama jika ingin hasil akhirnya empuk dan bebas dari aroma prengus yang khas.

Pada perayaan Iduladha, daging kambing sering kali melimpah karena penyembelihan hewan kurban.

Namun, banyak orang enggan memasaknya karena kesulitan dalam mengolah daging ini. Dengan teknik yang tepat dan beberapa tips praktis, Bunda bisa menyajikan hidangan daging kambing yang lezat dan menggugah selera.

Berikut adalah beberapa tips yang efektif untuk memasak daging kambing agar empuk dan tidak bau.

  1. Tidak Perlu Cuci Daging

Menurut dr. Devia Irine Putri, mencuci daging kambing sebelum diolah atau disimpan di lemari pendingin tidaklah diperlukan.

Anjuran ini juga didukung oleh USDA (United States Department of Agriculture). “Daging kambing tidak perlu dicuci kalau mau dimasak atau disimpan. Ini tujuannya untuk mencegah menyebarnya bakteri yang ada di daging ke peralatan masak atau ke sumber makanan lainnya,” jelas dr. Devia. Mencuci daging bisa menyebabkan penyebaran bakteri dan kontaminasi silang dengan peralatan dapur lainnya.

  1. Iris Daging Kambing dengan Benar

Cara memotong daging kambing juga mempengaruhi keempukan hasil akhirnya. Agar irisan daging lembut, periksa arah serat otot dan potong melintang atau tegak lurus dengan serat otot daging.

Jangan memotong daging searah dengan serat otot, karena ini dapat membuat daging keras saat dimasak. Teknik ini membantu memecah protein yang keras dan membuat bumbu rendaman (marinasi) terserap lebih mudah.

  1. Marinasi Daging yang Lama

Cara lain untuk membuat daging kambing mpuk adalah dengan melakukan marinasi yang lama. Salah satu bahan yang efektif adalah pepaya mentah.

Rendam daging kambing dalam pepaya mentah yang dihaluskan selama kurang lebih 2-3 jam. Bunda juga bisa menggunakan kiwi atau lemon yang dicampur merica dan garam.

Marinasi ini membantu memecah serat yang padat pada daging kambing, membuatnya lebih empuk dan siap dimasak. Selain itu, marinasi juga menambah rasa sehingga daging kambing lebih lezat dan juicy.

  1. Rebus atau Panggang Daging

Menurut dr. Devia, cara memasak daging kambing yang paling sehat adalah dengan memanggang atau merebusnya. Menghindari teknik menggoreng dapat mengurangi tambahan lemak.

Merebus daging kambing perlahan sekitar tiga jam pada suhu rendah dapat membantu membuat daging lebih empuk. Bunda bisa membuat hidangan seperti kari atau sup daging kambing.

Berdasarkan USDA, gunakan suhu hingga 71 derajat Celsius untuk memasak daging kambing giling dan 62 derajat Celsius untuk memanggang steak daging kambing. Agar daging kambing tidak prengus, tambahkan rempah-rempah seperti ketumbar, bawang putih dan merah, serta jahe sesuai selera.

Dengan mengikuti tips di atas, Bunda tidak perlu bingung lagi bagaimana cara memasak daging kambing yang empuk dan tidak bau prengus. Tetap jaga Kesehatan keluarga Bunda, dengan tidak mengkonsumsi daging kambing secara berlebih, ya!

Dokumentasi gambar: Google

Penulis: Elis Parwati